Cara Merawat Tanaman agar Tumbuh Subur, Ini Rahasianya!

Supaya rumahmu tampak asri dan segar, kamu bisa memelihara tanaman. Sebab, tanaman akan menghasilkan oksigen di siang hari dan mempunyai warna yang indah. Jika tidak memiliki lahan yang cukup, kamu bisa menyiasatinya menggunakan polybag. Cara merawat tanaman agar tumbuh subur tidak sulit jika kamu sudah tahu rahasianya.

Tips agar Tanaman Subur

Yuk intip beberapa tips jitu merawat tanaman berikut agar kamu bisa mempraktikkannya di rumah:

1. Memilih Benih Berkualitas

Tips pertama sebelum mulai menanam yaitu memilih benih tanaman yang berkualitas. Hal ini tentu mempunyai pengaruh besar terhadap pertumbuhan tanaman tersebut. Benih dengan kualitas unggul biasanya akan membuat tanaman tumbuh dengan kondisi baik dan tahan terhadap hama penyakit.

2. Menentukan Tempat Menanam

Selanjutnya, kamu perlu menentukan tempat untuk menanam tanaman tersebut. Apabila kamu mempunyai lahan kebun di depan atau belakang rumah, maka bisa menanamnya langsung di tanah. Namun, jika tidak mempunyai lahan untuk menanam, kamu bisa menggunakan pot atau polybag sebagai media tanam.

Menanam menggunakan media polybag atau pot bisa menghasilkan tanaman yang sama suburnya seperti jika menggunakan media tanah langsung. Informasi ini berasal dari Jurnal Ilmiah Respati yang meneliti pertumbuhan bawang merah menggunakan media pot.

3. Cukupi Kebutuhan Air dengan Baik

Cara merawat tanaman agar tumbuh subur yaitu rajin menyiram tanaman. Namun perlu kamu ingat bahwa setiap jenis tanaman memerlukan kebutuhan air yang berbeda. Mengutip informasi dari Jurnal Informatika Global memaparkan bahwa kekurangan atau kelebihan air bisa membuat tanaman mudah mati.

Jika kamu ingin mempunyai smart garden, maka bisa menggunakan teknologi penyiram tanaman secara otomatis. Alat tersebut menggunakan sensor yang dapat mengetahui tingkat kelembaban tanah sehingga kamu bisa mengaturnya sesuai kebutuhan. Konsep smart garden ini cocok untuk kamu yang sibuk dan tidak suka ribet.

4. Mendapatkan Cukup Sinar Matahari

Cara merawat tanaman agar tumbuh subur lainnya yaitu memaparkannya dengan sinar matahari dalam intensitas yang cukup. Sebab, sinar matahari akan membantu proses fotosintesis sehingga tanaman pun bisa tumbuh dengan baik. Tanaman yang terpapar sinar matahari dengan baik bisa tumbuh lurus dan normal.

Sebaliknya, apabila tanaman tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, maka warna daun akan tampak lebih pucat. Dampak lainnya jika tanaman kurang sinar matahari yaitu tumbuh kerdil serta sulit menghasilkan bunga atau buah. Biasanya, posisi tanaman juga akan belok menghadap kearah asal sinar matahari.

5. Memupuk Tanaman

Cara merawat tanaman agar tumbuh subur berikutnya adalah memupuk tanaman. Pupuk merupakan sumber nutrisi sehingga dapat membantu tanaman tumbuh dengan baik. Kamu bisa memilih pupuk jenis kimia maupun pupuk organik. Jika memberikan pupuk kimia, maka penting untuk mengetahui jumlah takaran yang tepat.

Memberikan pupuk kimia terlalu banyak akan membuat tanaman keracunan sehingga tumbuh secara tidak normal. Selain itu, kandungan zat kimia yang berlebihan juga dapat membuat kondisi pH tanah berubah.

Jika kamu ingin lebih ramah lingkungan, bisa menggunakan pupuk organik. Bahkan, kamu bisa membuatnya sendiri dari limbah sampah rumah tangga. Meskipun tidak sepraktis pupuk kimia, pupuk ini lebih aman untuk tanaman dan juga lingkungan. Kandungan nutrisi pada pupuk organik terbukti efektif menyuburkan tanaman.

6. Memotong Bagian yang Mati

Apabila kamu mendapati ada bagian tanaman yang mati, sebaiknya segera dipotong. Cara merawat tanaman agar tumbuh subur dengan memotong bagian yang sudah mati atau mulai menguning dapat mencegah kerusakan pada bagian yang masih sehat.

Selain itu, memotong tanaman yang kering atau mati juga akan membuatnya tampak lebih rapi.

7. Menyiangi Rumput

Rumput liar merupakan hama yang dapat mengganggu kesuburan dan pertumbuhan tanaman. Sebab, tanaman akan berebut nutrisi dengan rumput-rumput liar tersebut. Rumput yang tumbuh lebih tinggi juga akan menghalangi tanaman untuk mendapatkan sinar matahari sehingga tidak bisa melakukan fotosintesis secara maksimal.

Oleh sebab itu, kamu perlu rajin membersihkan tanaman dari rumput liar. Supaya rumput tersebut tidak tumbuh lagi, bersihkan dengan cara mencabut hingga akarnya. Membersihkan dengan cara memangkas tentu tidak efektif karena rumput liar akan tumbuh lagi dalam beberapa hari.

8. Mengganti Pot

Cara merawat tanaman agar tumbuh subur yaitu dengan mengganti pot secara berkala. Hal ini penting karena semakin besar tumbuhan, maka memerlukan tempat yang lebih besar pula. Dengan begitu, akar tanaman juga bisa tumbuh dengan maksimal.

Mengganti pot dengan ukuran yang lebih besar juga akan memungkinkan tanaman mendapatkan nutrisi yang lebih banyak. Sebab, kamu juga akan mengisi pot tersebut dengan tanah yang lebih banyak pula.

Sudah Tahu Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur?

Setelah membaca artikel di atas, sekarang kamu sudah tahu cara merawat tanaman dengan baik, kan? Cara merawat tanaman yang paling utama yaitu memilih media tanam yang baik, mendapatkan asupan air, dan pencahayaan matahari yang cukup. Ketiga poin tersebut merupakan kebutuhan penting untuk mendukung fotosintesis. 

 

Referensi:

Jurnal Ilmiah Respati. Pengaruh Volume Media Tanam Terhadap pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium Ascolonium L) dalam Pot.

Jurnal Ilmiah Informatika Global. Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis Sensor Kelembabab Tanah Menggunakan Logika Fuzzy.

Rumah.com. 8 Cara Merawat Tanaman Agar Subur, Keuntungan dan Kesalahan yang Sering Terjadi.

Ruparupa.com. 13 Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur.

Lifestyle.kompas.com. Simak, 6 Cara Merawat tanaman Agar Tumbuh Subur.

Popbela.com. Ampuh, Ini 7 Cara Merawat Tanaman Agar Tidak Mudah Layu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat With Us

Profile Picture
Halo, aku ASHA asisten virtual kamu. Kalau ada pertanyaan, ASHA bisa bantu.
Profile Picture
Boleh tau nama kamu?
Icon
Halo, ada yang bisa Asha bantu?