6 Tanaman Bumbu Dapur yang Bisa Tumbuh di Pot

bumbu dapur mudah tumbuh

Kegiatan menanam tanaman menjadi hal yang menyenangkan dilakukan untuk mengisi waktu luang. Tidak hanya sebagai refreshing dan mempercantik halaman rumah, menanam juga membuatmu menghemat anggaran belanja karena tanaman yang kamu tanam adalah tanaman bumbu dapur.

Tanaman Bumbu Dapur yang Mudah Ditanam

Berikut ini deretan tumbuhan bumbu dapur yang bisa kamu tanam sendiri di rumah dengan perawatan mudah. Tanaman itu antara lain:

1. Cabai

Cabai adalah tanaman yang biasa untuk penyedap masakan dan pembangkit selera makan. Ada beberapa macam jenis cabai, yakni cabai merah, cabai hijau, cabai rawit atau cabai kecil yang biasanya untuk sambal.

Tanaman cabai termasuk tanaman bumbu dapur dalam pot. Saat ingin menanamnya, keringkan biji terlebih dahulu. Lebih baik semaikan biji tersebut hingga tumbuh dan memiliki 4 daun, lalu pindahkan ke polybag. Setelah dalam polybag, kamu bisa memindahnya dalam pot. 

Tanaman cabai cepat tumbuh di dataran rendah dan bisa menghasilkan cabai yang banyak. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot membeli ke pasar saat membutuhkan cabai untuk memasak.

2. Tanaman Bumbu Dapur Daun Mint

Daun mint cocok kamu gunakan untuk bahan campuran teh, salad sayur, atau salad buah. Ada beberapa jenis daun mint seperti mint Vietnam, mint apel atau spearmint yang bisa kamu tanam sendiri dalam pot rumah.

3. Kunyit

Kunyit juga termasuk tanaman rempah yang mudah kamu tanam sendiri di rumah. Selain untuk bumbu dapur, kunyit juga bisa menjadi obat karena mempunyai banyak manfaat untuk tubuh.

Manfaat kunyit yang bisa kamu rasakan adalah bisa mengobati luka dan kaya akan antioksidan. Antioksidan sangat bagus untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Kunyit memang dapat tumbuh pada iklim tropis, namun perlu kamu tahu bahwa kunyit tidak dapat tumbuh pada musim kemarau yang sangat terik.

4. Jahe

Salah satu rempah-rempah Indonesia yang paling umum dikenal masyarakat adalah Jahe. Tanaman jahe atau Zingiber officinale sudah dipercaya oleh orang Indonesia khususnya sebagai tanaman herbal dan bahan bumbu masakan. Aroma kuat dan kandungan jahe yang kaya akan khasiat bisa kamu dapatkan dengan menanamnya di sekitar rumah.

Masakan yang menggunakan jahe sebagai bumbu menghasilkan cita rasa yang khas dan lebih nikmat. Manfaat lain dari jahe adalah bisa mengobati penyakit kulit, perut kembung, batuk, dan gatal-gatal. 

5. Tanaman Bumbu Dapur Bawang Putih dan Merah

Bawang putih dan bawang merah adalah tanaman yang paling banyak peminatnya karena menjadi bahan utama untuk membuat bumbu masakan. Tanaman ini tidak hanya sebagai bumbu masakan, melainkan juga bisa menjadi obat herbal karena memiliki berbagai macam khasiat.

Bawang putih misalnya, terbukti memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, obat batuk dan diare, sakit gigi, menurunkan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah kanker.

Sementara itu, bawang merah berkhasiat untuk menurunkan gula darah, menurunkan lemak dalam darah, mencegah penggumpalan darah, dan mengatasi asma.

Kamu bisa menanam kedua tanaman ini di rumah sendiri dengan mudah hanya dengan pot.

6. Kemangi

Kemangi adalah tanaman bumbu dapur yang cepat panen dan mudah sekali kamu dapatkan. Tanaman ini biasanya berguna untuk penyedap masakan, sebab aromanya yang wangi mampu membuat masakan semakin harum dan menggoda.

Kamu bisa menanam tanaman ini sendiri di rumah dengan mudah. Pilihlah tempat yang memiliki sinar matahari cukup dan drainase yang baik untuk kemangi, agar kemangi bisa tumbuh dengan subur dan lebat.

Sudah Tahu Tanaman Bumbu Dapur yang Bisa Ditanam di Rumah?

Itulah keenam tanaman dapur yang bisa kamu tanam sendiri. Selain dapat memperhijau pekarangan rumah, menanam tanaman dapur sendiri juga membantu kamu menghasilkan cita rasa masakan menjadi fresh dan nikmat sehingga membuat selera makan kamu bisa bertambah.

 

Referensi:

Agromedia Pustaka Cetakan 2003. Diakses pada 22 Agustus 2022. Memanfaatkan Bumbu Dapur untuk Mengatasi Aneka Penyakit

Kompas. Diakses pada 22 Agustus 2022. 8 Tanaman Herbal dan Bumbu Dapur yang Mudah Ditanam di Rumah. 

Kompas. Diakses pada 22 Agustus 2022. 9 Bumbu Dapur yang Cocok Ditanam di Pot.

PAKDEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Faperta Unras. Volume 1, nomor 1. Diakses pada 22 Agustus 2022. Mengisi Pekarangan dari Sisa Bahan Sayur dan Bumbu Dapur di Kelompok Tani Perintis II Kelurahan Pematang Gubernur Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat With Us

Profile Picture
Halo, aku ASHA asisten virtual kamu. Kalau ada pertanyaan, ASHA bisa bantu.
Profile Picture
Boleh tau nama kamu?
Icon
Halo, ada yang bisa Asha bantu?