5 Tanaman Rumah Penghasil Oksigen yang Cocok untuk Hiasan

tanaman oksigen

Kamu menyukai berbagai tanaman hias? Ternyata ada banyak pilihan tanaman sebagai penghasil oksigen terbanyak, loh. Nah, artikel ini akan memberikan penjelasan tentang jenis tanaman rumah penghasil oksigen yang bisa kamu gunakan untuk hiasan sehingga membuat udara dalam rumah menjadi lebih segar dan sehat. 

Tanaman Rumah Penghasil Oksigen Terbanyak

Berikut ini beberapa tanaman rumah yang bisa kamu jadikan hiasan untuk menghasilkan oksigen. 

1. Lili Paris

lili paris tanaman hias

Tanaman pertama yang bisa menghasilkan oksigen adalah Paris atau nama ilmiahnya yaitu Chlorophytum comosum, yang terkenal juga dengan sebutan tanaman laba-laba. Tanaman hias yang berasal dari Afrika Selatan ini berbentuk ramping seperti pedang dan daunnya hijau, cantik, anggun, melengkung dengan warna putih di bagian tepinya. 

Panjang daunnya cukup bervariasi antara 10 sampai 40 cm dengan lebar 1,5 hingga 2,5 cm. Perawatannya pun cukup mudah, hanya perlu letakkan pada sudut ruangan dan siram dua kali dalam seminggu. Selain sebagai penghasil oksigen, lili paris juga mampu menghilangkan racun formaldehida dan xylene dari cat dinding atau furniture.

2. Sirih Gading

sirih gading

Tanaman rumah penghasil oksigen selanjutnya yaitu sirih gading atau Epipremnum Aureum yang bisa tumbuh menggunakan media tanah maupun air. Tanaman ini akan mempercantik setiap sudut ruangan dengan daunnya yang hijau kekuningan dan rumbai daun yang cantik. 

Menurut TechLINK Jurnal Ilmiah Lingkungan Universitas Satya Negara indonesia, sirih gading memiliki manfaat sebagai tanaman anti polutan yang efektif mengurangi pencemaran udara di dalam ruangan khususnya gas Karbon Monoksida yang dihasilkan dari rokok.

Selain itu, tanaman ini akan membantu untuk menyeimbangkan kelembapan sehingga cocok untuk kamu yang memiliki masalah alergi. Namun jika kamu memiliki hewan peliharaan dalam rumah, harus lebih berhati-hati karena tanaman ini mengandung zat berbahaya apabila dikonsumsi oleh hewan. 

3. Lidah Mertua

lidah mertua

Tanaman selanjutnya ini sudah cukup populer dengan manfaatnya untuk meningkatkan kualitas udara sehingga kualitas tidur kamu menjadi lebih nyenyak. Selain itu juga berfungsi menetralisir udara serta menyaring racun seperti benzena, xylene, dan lain sebagainya. 

Tanaman lidah mertua tetap menyerap karbondioksida pada malam ini. Sangat cocok untuk kamu letakkan pada setiap sudut ruangan, baik kamar tidur maupun ruang keluarga. Selain itu, lidah mertua juga mampu menyerap radiasi dengan baik dari barang-barang elektronik.

4. Krisan

bunga krisan

Tanaman rumah penghasil oksigen yang bernama krisan ini sangat cocok untuk kamu jadikan hiasan rumah. Selain membuat rumah menjadi cantik, tanaman ini juga bisa membersihkan udara serta menghilangkan paparan dari zat berbahaya. 

Tidak hanya membersihkan udara dan mempercantik ruangan, tetapi kelopak dari bunga krisan juga bisa kamu olah menjadi teh herbal yang mengandung berbagai vitamin dan mineral menyehatkan tubuh. 

Bunga krisan yang kamu konsumsi secara rutin akan membantu menjaga kesehatan kulit, menjaga keseimbangan gula darah, meringankan sakit tenggorokan, dan lain sebagainya.

5. Ficus Elastica

ficus elastica 

Tanaman elegan ini mampu menghasilkan banyak oksigen dengan tampilannya yang mewah. Nama lainnya yaitu tanaman karet kebo yang memiliki manfaat untuk membersihkan udara dari racun karbon monoksida, trichloroethylene, dan formaldehida

Selain itu juga berfungsi membasmi jamur atau bakteri yang ada di udara. Daun dari tanaman bisa kamu olah menjadi obat untuk ruam kulit dengan cara melumatkan daun yang masih segar atau menghaluskanya. 

Sudahkah Kamu Mengerti Tanaman Rumah Penghasil Oksigen

Itulah beberapa penjelasan mengenai tanaman rumah yang bisa kamu jadikan hiasan sekaligus penghasil oksigen. Pastikan kamu juga memahami cara merawatnya dengan benar supaya tanaman tidak cepat mati dan kamu bisa merasakan berbagai manfaatnya baik untuk mempercantik ruangan maupun menjaga kesehatan.

Tak hanya untuk mempercantik ruangan saja, tanaman-tanaman di atas ataupun jenis tanaman hijau lainnya juga dapat membantu meningkatkan kualitas lingkungan hidup di cakupan kawasan tersebut.

 

Sumber : 

Bobo.grid.id. Diakses padaSeptember 2022. Tanaman Penghasil Oksigen Terbanyak Cocok untuk Hiasan di dalam Rumah.

TechLINK Jurnal Ilmiah Indonesia. Diakses pada September 2022. Pengaruh Tanaman Sirih Gading (Epipremnum Aureum) Terhadap CO Dalam Ruangan.

Jurnal Lanskap Indonesia. Diakses pada September 2022. Studi Potensi Produksi Oksigen Hutan Kota di Kampus Universitas Indonesia, Depok.

99.co. Diakses pada September 2022. Tanaman Rumah Penghasil Oksigen.

Universitas Medan Area. Diakses pada September 2022. Tanaman Penghasil Oksigen yang Bikin Rumahmu Sejuk dan Nggak Pengap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat With Us

Profile Picture
Halo, aku ASHA asisten virtual kamu. Kalau ada pertanyaan, ASHA bisa bantu.
Profile Picture
Boleh tau nama kamu?
Icon
Halo, ada yang bisa Asha bantu?