10 Cabai Terpedas di Dunia, Adakah yang dari Indonesia?

Cabai menjadi salah satu bahan yang paling umum untuk memberikan rasa pedas pada berbagai hidangan, termasuk di Indonesia. Tapi, tahukah kamu kalau ada 10 cabai terpedas di dunia dengan tingkat kepedasan yang jauh lebih ekstrim dari yang biasa kita konsumsi?

Kepedasan cabai-cabai ini diukur dengan satuan Scoville Heat Units (SHU), sesuai dengan kandungan capsaicin nya. Semakin tinggi nilai SHU, maka semakin pedas cabai tersebut. Yuk, simak 10 cabai paling pedas di dunia berikut ini!

10 Urutan Cabai Terpedas di Dunia

Cabai mengandung senyawa capsaicin yang menimbulkan sensasi panas atau rasa pedas yang kita rasakan saat mengonsumsinya. Nah, di bawah ini merupakan 10 cabai dengan kandungan capsaicin tertinggi di dunia:

1. Carolina Reaper

Menurut Guinness World Records, carolina reaper menempati peringkat pertama sebagai cabai paling pedas di dunia saat ini, dengan tingkat kepedasan mencapai lebih dari 2.2 juta SHU. Cabai ini ditemukan oleh petani Ed Currie di Scoreville, Carolina Selatan, AS. 

Carolina Reaper punya tekstur berkerut dan warna merah menyala. Meski tampak seperti cabai pada umumnya, sejumput Carolina Reaper sudah cukup untuk membuatmu merasakan panas yang luar biasa. Bahkan, saking pedasnya, tak sedikit yang merasa lidahnya seperti terbakar setelah mencoba cabai yang satu ini.

2. Trinidad Moruga Scorpion

Cabai terpedas di dunia nomor dua adalah Trinidad Moruga Scorpion. Berasal dari Trinidad dan Tobago, Trinidad Moruga memiliki tingkat kepedasan mencapai 2 juta SHU, lho.

Cabai ini memiliki rasa yang unik saat kamu memakannya. Trinidad Moruga akan memberikan sensasi rasa buah yang manis, kemudian memunculkan rasa pedas yang intens dan panas yang menyengat. 

3. 7 Pot Douglah

Di urutan ketiga adalah cabai 7 Pot Douglah. Cabai ini memiliki tingkat kepedasan yang mencapai 1.8 juta SHU. Ciri khasnya adalah kulitnya yang berwarna coklat gelap, yang beda dari varietas lainnya. Cabai ini punya rasa pedas dengan sensasi tajam dan panas pada lidah.

4. 7 Pot Primo

Kalau cabai terpedas di dunia yang satu ini berasal dari Lousiana, AS. 7 Pot Primo sendiri punya tingkat kepedasan mencapai 1,4 juta SHU. 

Bentuk cabai ini sedikit lebih unik dari lainnya. 7 Pot Primo punya bagian bawah seperti ekor atau tanduk. Sehingga, cabai yang satu ini mudah banget dikenali.

5. Trinidad Scorpion “Butch T”

Di urutan kelima ada Trinidad Scorpion “Butch T”. Sama seperti 7 Pot Primo, cabai yang satu ini memiliki tingkat kepedasannya mencapai sekitar 1.4 juta SHU. 

Jenis cabai ini punya rasa pedas yang kuat dan sering digunakan dalam berbagai hidangan utama. Bahkan, cabai ini pernah menjadi cabai paling pedas di dunia tahun 2011, lho.

6. Naga Viper

Urutan cabai terpedas di dunia yang keenam adalah Naga Viper. Berasal dari Inggris, varietas ini adalah hasil persilangan dari varietas lain, yaitu Naga Morich, Trinidad Moruga Scorpion, dan Ghost Pepper.

Naga Viper punya tingkat kepedasan sampai sekitar 1.38 juta SHU. Cabai ini punya bentuk bulat kecil dan berwarna merah terang. Meski kecil, tapi cabai ini terkenal dengan rasa pedasnya tak main-main.

7. Ghost Pepper 

Nah, kalau Ghost Pepper atau Bhut Jolokia adalah salah satu cabai yang paling populer. Berasal dari India, varietas cabai ini punya tingkat kepedasan sekitar 1 juta SHU. 

Ghost Pepper juga pernah menempati urutan pertama sebagai cabai paling pedas pada tahun 2007. Makanya, nggak heran kalau orang India terkenal kuat makan pedas.

8. 7 Pot Barrackpore

7 Pot Barrackpore menjadi salah satu cabai terpedas di dunia dengan tingkat kepedasan 1 juta SHU. Jenis varietas ini lagi-lagi berasal dari Trinidad dan Tobago.

Meskipun kurang begitu terkenal, ketimbang cabai-cabai lain dari daerah asalnya, tapi cabai ini punya rasa yang unik, karena memberikan rasa pahit, manis, dan pedas sekaligus.

9. 7 Pot Red

Varietas cabai yang satu ini punya tingkat kepedasan sekitar 1 juta SHU. Bentuknya membulat dengan tekstur yang agak kasar dan berwarna merah seperti cabai pada umumnya, tetapi terkenal karena rasa pedasnya yang sangat tajam.

10. Red Savina Habanero

Cabai terpedas di dunia ini bisa kamu temukan di AS dengan bentuk bulat besar mirip paprika dan berwarna merah tua. Red Savina Habanero punya tingkat kepedasan sekitar 500 ribu SHU.

Meski nggak sepedas daftar di atas, tapi cabai yang satu ini masih punya rasa pedas yang tajam dengan sentuhan cokelat yang khas.

Sudah Tahu Apa Saja 10 Cabai Terpedas di Dunia?

Mulai dari Carolina Reaper hingga Red Habanero, 10 jenis cabai paling pedas di dunia ini layak dicoba. Terutama kalau kamu pecinta rasa pedas. Tapi, ingat bahwa tingkat kepedasan yang sangat tinggi dapat menyebabkan iritasi kulit dan masalah pencernaan. Jadi, konsumsi dengan bijak dan tetap perhatikan kesehatan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat With Us

Profile Picture
Halo, aku ASHA asisten virtual kamu. Kalau ada pertanyaan, ASHA bisa bantu.
Profile Picture
Boleh tau nama kamu?
Icon
Halo, ada yang bisa Asha bantu?