5 Tanaman yang Cocok untuk Pemula Berkebun di Halaman

Berkebun di dalam atau di halaman rumah belakangan ini menjadi salah satu hobi yang diminati banyak orang. Selain menambah estetika rumah, berkebun juga mampu membersihkan udara di sekitar. Kamu juga tertarik, namun bingung harus menanam apa? Simak rekomendasi tanaman untuk pemula berikut ini!

Rekomendasi Tanaman untuk Pemula Anti Gagal

Ada banyak sekali jenis tumbuhan. Mulai dari tanaman hias, tanaman bahan makanan, hingga tanaman obat yang bisa kamu rawat untuk membuat kebun kecil di rumah. Namun, tidak semua tanaman memiliki perawatan yang mudah. Berikut ini rekomendasi tanaman yang mudah dirawat dan tidak gampang rusak: 

1. Kaktus

Kaktus merupakan salah satu tumbuhan untuk pemula yang memiliki habitat asli di gurun pasir. Oleh karena itu, kaktus memiliki sifat tahan akan segala cuaca secara alami. Kamu bisa menanam kaktus jika baru pertama kali berkebun. Keunggulannya adalah kamu tidak perlu menyiram kaktus terlalu sering.

Kamu bisa menyiram kaktus menggunakan spray seminggu sekali agar batangnya tidak mengkerut. Selain itu, pastikan kamu meletakkan tanaman ini di tempat yang mendapat sinar matahari. Contohnya seperti di jendela.

Selain itu, karena daunnya yang berbentuk duri, tanaman kaktus sangat tahan terhadap risiko hama tanaman. Jarang sekali terdapat kasus kerusakan kaktus karena serangga atau hama. Lalu, untuk jenisnya, kamu bisa memilih kaktus hias dalam pot. Seperti ariocarpus, astrophytum, dan haworthia attenuata

2. Bayam 

Bayam merupakan salah satu tanaman sayur untuk pemula yang sangat mudah ditanam. Jika pergi ke pedesaan saja, kamu bisa melihat banyak sekali bayam yang tumbuh di jalanan tanpa perawatan. Hal tersebut menandakan bahwa bayam sangat mudah tumbuh dan cocok dengan iklim Indonesia.

Hanya saja, karena bayam memiliki daun yang lebar dan lebat, kamu harus memberi perhatian ekstra. Pasalnya daun bayam rawan dihinggapi oleh hama seperti ulat dan belalang. Namun, tidak usah terlalu khawatir repot. Karena daun bayam dapat tumbuh lebat dalam waktu kurang dari 2 bulan saja. 

3. Lidah Mertua

Siapa yang tak kenal dengan tanaman lidah mertua? Tumbuhan untuk pemula satu ini hampir ada di setiap rumah. Bentuknya yang unik dan indah menjadikannya ini sebagai tanaman hias favorit banyak orang. Tak disangka, selain bentuknya yang indah, perawatan lidah mertua juga cukup mudah, lho!

Kamu cukup menyiram lidah mertua di dalam pot sehari sekali atau dua hari sekali. Tanaman ini sangat aman dari serangan hama atau serangga. Karena tidak memiliki daun kecil, sehingga sangat jarang mengalami layu atau kering yang menyebabkan kotor dan tidak enak dilihat.

Selain indah, tanaman lidah mertua yang ada di setiap sudut rumah mampu menambah produksi oksigen. Menurut Jurnal UMJ, tanaman ini dapat menyerap polutan serta radiasi dan bau. Sehingga ruangan akan terasa lebih segar. Tak hanya itu, lidah mertua juga dapat menangkal serangga seperti nyamuk pada ruangan.

4. Selada

Tanaman untuk pemula satu ini merupakan salah satu sayuran yang banyak disukai orang. Ternyata, menanam selada tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Selama selada tercukupi oleh air setiap harinya, daunnya akan terus tumbuh lebat. Kamu dapat mulai menanam selada dengan membeli bibitnya.

Tanaman sayur satu ini bisa kamu tumbuhkan dengan sistem hidroponik. Kamu bisa menggunakan pipa air bekas yang telah dilubangi baik secara vertikal maupun horizontal. Kemudian pasangkan kain atau kasa di bagian bawah tanaman dan tambahkan air pada pipa. Sehingga, kamu tidak perlu menyiram lagi setiap harinya. 

Hal tersebut terjadi karena ada gaya kapilaritas yang bekerja, di mana kain atau kasa akan menyerap air dan mengantarkannya kepada selada. Cara ini sudah terbukti efektif, karena banyak orang bisa memanen selada dalam jumlah besar melalui sistem hidroponik. 

5. Sri Rejeki

Tanaman hias jenis sri rejeki merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah perawatannya. Kamu bisa membeli anakan sri rejeki di pasar bunga dan menanamnya di dalam pot. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang lebar. Serta terdapat bercak merah pada bagian tengahnya yang membuat makin unik. 

Selain indah, banyak beredar mitos di kalangan masyarakat bahwa jika menanam sri rejeki akan membawa keberuntungan pada orang di dalam rumah. Ini tentu sesuai dengan namanya, bukan? Kamu cukup menyiramnya sehari sekali atau dua kali saja tanpa ada perawatan khusus.

Namun, terkadang daunnya yang lebar kerap kali dihinggapi serangga. Sehingga, sesekali kamu dapat menyemprotnya dengan cairan pestisida sebagai pelindung. Jadi, daun sri rejeki tetap indah dan tidak berlubang. 

Manakah Tanaman untuk Pemula yang Paling Kamu Suka?

Berikut tadi adalah beberapa rekomendasi tanaman untuk pemula yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam mengembangkan hobi berkebun. Memiliki hobi untuk berkebun memang sangat menyenangkan. Oleh karena itu, sayangi dan rawat tanaman dengan sepenuh hati, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat With Us

Profile Picture
Halo, aku ASHA asisten virtual kamu. Kalau ada pertanyaan, ASHA bisa bantu.
Profile Picture
Boleh tau nama kamu?
Icon
Halo, ada yang bisa Asha bantu?