6 Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman yang Jarang Diketahui!

kopi hitam

Manfaat ampas kopi untuk tanaman ternyata sangat baik sebagai metode pemupukan alami. Selain itu, di dalam ampas kopi ini juga terdapat banyak sekali nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, kita simak dalam artikel ini bersama!

6 Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman

Langsung saja, ini dia manfaat bekas ampasan kopi yang baik bagi pertumbuhan tanaman. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Mencerahkan Warna

Tanaman hias identik dengan warna bunga yang cantik. Nah, kecerahan warna ini bisa semakin indah jika kamu memberikan ramuan ampas kopi. Hal tersebut dapat terjadi karena ampas kopi mempunyai kandungan kafein tinggi yang sangat cocok untuk jenis tanaman dengan tingkat kadar asam tinggi. 

Selain itu, ampas kopi juga ampuh untuk mencerahkan warna bunga berkat kadar asam dalam kopi yang bersifat netral. Khususnya untuk jenis tanaman hias, seperti azalea, bunga bakung, hingga anggrek,

Kadar asam netral inilah yang akan memberi tambahan tersebut energi dan nutrisi yang lebih. Sehingga, tanaman pun dapat tumbuh dengan sehat, subur, dan memiliki kecerahan warna yang terlihat lebih segar.

2. Berfungsi Sebagai Pupuk Alami

Manfaat ampas kopi untuk tanaman kedua, yaitu berfungsi sebagai pupuk alami. Cara membuatnya juga mudah. Kamu hanya perlu menambahkan 2 cangkir ampas bubuk kopi saja ke dalam wadah ember yang berisi 5 galon air. Lalu, biarkan air tersebut terendam selama beberapa jam. 

Selain itu, pupuk alami ini juga bisa kamu pakai sebagai zat untuk menutrisi daun pada tanaman, lho. Caranya dengan menyemprotkan cairan pupuk alami ke daun dan batang tanaman.

Selain menjadikannya sebagai pupuk cair, kamu juga bisa memanfaatkan ampas bekas kopi ini sebagai pupuk langsung. Caranya juga sangat mudah. Kamu tinggal menaburkan bubuk kopi bekas yang masih basah, ke media tanaman tersebut. Kemudian, siram tanaman secara rutin setiap pagi dan sore hari. Mudah bukan?

3. Mengusir Hama

Menurut Jurnal IPB, ampas kopi sangat terkenal memiliki sifat yang abrasif. Artinya, ampas bekas kopi ini mampu menetralisir tanah di sekitar tumbuhan dan melindunginya dari serangan hama seperti semut, rayap, dan lain sebagainya. 

Selain itu, lapisan tipis pada ampas bekas kopi tak hanya berguna untuk melapisi tanah saja, lho. Akan tetapi, pinggiran tajam, sifat abrasif, dan tingkat keasaman alami pada kopi sangat ampuh untuk mengusir hama siput pada tanaman di area persawahan.

Faktanya, penelitian lain menunjukkan bahwa zat kafein pada kopi terbukti sangat beracun bagi siput, bahkan mampu menjadi pukulan ganda. Oleh karena itu, bagi kamu yang sedang membudidayakan tanaman di area persawahan, akan lebih baik jika kamu menambahkan pupuk cair dari ampas kopi sebagai pengusir hama.

4. Menambah Kandungan Nitrogen 

Manfaat ampas kopi untuk tanaman keempat adalah sebagai media penambahan dan sumber nitrogen organik bagi ekosistem tanah. Lantas, apa fungsi dan manfaat dari kandungan nitrogen tanah bagi tanaman?

Nitrogen yang terdapat dalam tanah, berfungsi untuk merangsang pertumbuhan pada semua jenis tanaman. Nantinya, zat nitrogen ini akan bertindak sebagai zat yang memberi asupan nutrisi. Mulai dari akar, batang, hingga daun pada tanaman. Melalui nutrisi inilah, tanaman dapat lebih mudah untuk  tumbuh dan berbunga.

5. Menjadi Makanan bagi Cacing Tanah

Ampas kopi juga dapat menjadi bahan makanan bagi cacing tanah. Nantinya, cacing tanah inilah yang akan membentuk unsur humus dari dalam tanah. Serta menggemburkan struktur tanah sehingga sangat baik bagi kesuburan tanaman.

Selain itu, cacing tanah yang dapat membentuk unsur humus pada tanah ini juga sangat baik untuk jenis tumbuhan berbuah. Seperti pohon mangga, singkong, pepaya, dan lain sejenisnya. 

Artinya, ampas kopi yang dimakan oleh cacing tanah akan memberikan nutrisi bagi tanah. Nutrisi tanah inilah yang nantinya akan mempercepat proses pertumbuhan tanaman sehingga bisa lebih cepat menghasilkan buah.

6. Mencegah Timbulnya Jamur

Manfaat ampas kopi terakhir, yaitu berfungsi untuk mencegah timbulnya jamur pada tanaman. Hal tersebut dapat terjadi karena kandungan kafein pada kopi memang dapat membuat tanaman dapat tumbuh lebih kuat dan menangkal infeksi akan jamur.

Penggunaan ampas kopi untuk mencegah jamur juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menaburkan ampas kopi di sekitar pangkal dan batang tanaman. Sebaiknya, kamu melakukan hal ini secara rutin setiap dua minggu sekali. Sehingga hasilnya bisa lebih optimal. 

Sudah Paham Apa Saja Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman?

Nah, itu dia 6 manfaat ampas kopi untuk tanaman. Kesimpulannya, ampas kopi sangat baik bagi banyak jenis tumbuhan. Mulai dari menyuburkan tanah, mengusir hama, hingga mempercepat proses pertumbuhan tanaman. Apakah kamu sudah menggunakan ampas kopi untuk merawat tanaman milikimu?

Baca Juga

Tak Hanya Kopi, Kafein Ditemukan pada Tanaman Berikut Ini!

Daftar Pustaka

Journal IPB. Diakses pada 10 Desember 2022. Pemanfaatan Ampas Kopi bagi Budidaya Tanaman.

Merdeka. Diakses pada 10 Desember 2022. Manfaat ampas kopi untuk kesuburan tanaman.

CNN Indonesia. Diakses pada 10 Desember 2022. 8 Manfaat ampas kopi bagi pertumbuhan tanaman hias.

CNN Indonesia. Diakses pada 10 Desember 2022. 7 Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman.

Kompas. Diakses pada 10 Desember 2022. 10 Manfaat Ampas Kopi untuk Tumbuhan, Bisa jadi Bahan Pupuk Cair!.

Journal UM Surabaya. Diakses pada 10 Desember 2022. Pengaruh Pemberian Ampas Kopi bagi Pertumbuhan Tanaman.

Infarm. Diakses pada 10 Desember 2022. Ampas Kopi Ternyata Tinggi Nutrisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat With Us

Profile Picture
Halo, aku ASHA asisten virtual kamu. Kalau ada pertanyaan, ASHA bisa bantu.
Profile Picture
Boleh tau nama kamu?
Icon
Halo, ada yang bisa Asha bantu?