7 Manfaat Jalan Kaki yang Jarang Diketahui, Bisa Hilangkan Stress?

Tahukah kamu? Manfaat jalan kaki ternyata tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh kita saja, lho. Namun, berjalan kaki secara rutin juga terbukti ampuh untuk menghilangkan stres. Bahkan, berjalan kaki juga bisa menjadi olahraga simpel yang bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja. Yuk, cari manfaat lainnya!

Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan

Langsung saja, ini dia manfaat yang akan kamu rasakan jika rutin berjalan kaki secara teratur:

1. Mencegah Penyakit Jantung

Menurut Jurnal Esa Unggul, berjalan kaki merupakan olahraga ringan yang sama efektifnya dengan berlari. Bahkan, olahraga ringan ini juga merupakan metode yang sangat ampuh untuk pencegahan penyakit stroke dan juga jantung. 

Selain itu, berjalan kaki secara rutin juga dapat membantu penyembuhan penyakit jantung dengan cara menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol tinggi. Kemudian, berjalan kaki juga sangat ampuh sebagai metode untuk melancarkan sirkulasi darah. Sehingga daya pacu jantung menjadi lebih stabil.

2. Mencegah Penyakit Diabetes

Jalan kaki yang dilakukan rutin, sekitar 6 km per jam atau 50 menit per hari dapat memberikan manfaat untuk mencegah berkembangnya penyakit diabetes. 

Berjalan kaki secara rutin juga sangat ampuh menetralisir kadar gula dalam tubuh dan membakar kalori. Bahkan ada beberapa kasus diabetes yang bisa teratasi tanpa perlu metode obat. Caranya dengan rutin menggerakan badan. 

Selama gula darah dalam tubuh dapat terkontrol hanya dengan bergerak (brisk walking), maka sebetulnya pengobatan medis tidak terlalu penting. Atas dasar inilah mengapa berjalan kaki secara rutin sangat penting bagi seorang yang mengidap penyakit diabetes. 

3. Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang memiliki permasalahan berat badan, rutin berjalan kaki merupakan olahraga simpel yang wajib kamu coba. Jalan kaki ternyata sangat ampuh untuk menurunkan berat badan, terlebih lagi bagi orang yang memiliki permasalahan kelebihan berat badan atau kegemukan tubuh.

Selain itu, berjalan kaki secara rutin selama kurang lebih 1 jam per hari juga sangat ampuh untuk membakar kalori dalam tubuh. Sehingga, lemak-lemak jahat yang berpotensi menggumpal dalam darah dan mengakibatkan berbagai macam penyakit dapat terbuang bersama keringat.

4. Menghilangkan Stress

Ternyata jalan kaki juga memiliki manfaat untuk menghilangkan stres. Ketika berjalan kaki secara rutin, hormon endorfin dalam tubuh akan terlepas dan menghasilkan kondisi mood yang kembali membaik.

Hormon Endorfin sendiri adalah hormon yang terdapat pada kelenjar otak yang berfungsi mengatur siklus dan tingkat kestabilan emosi seseorang. Bila hormon ini terus berpacu, efek sampingnya adalah timbulnya stres dan cemas. 

Bahkan, jika tidak ada metode pelepasan hormon yang baik, seseorang bisa saja mengalami situasi yang lebih buruk atau depresi. Oleh karena itu, berjalan kaki secara rutin wajib kamu lakukan. Terlebih lagi, bagi kamu yang memiliki rutinitas kerja yang tinggi.

5. Memperkuat Tulang dan Persendian

Jalan kaki secara rutin dan teratur juga bisa meningkatkan daya tahan sendi, serta memperkuat massa tulang. Selain itu, rutin berjalan kaki setiap hari juga terbukti ampuh mengurangi resiko keretakan pada tulang ketika terkena benturan keras. 

Berdasarkan jurnal ilmiah Arthritis Foundation, berjalan kaki setiap hari secara setidaknya 30 menit per hari bahkan sangat disarankan. Fungsinya untuk mengurangi rasa sakit pada tulang dan persendian, juga menghilangkan kaku pada tubuh serta peradangan tulang.

6. Melancarkan dan Memperbaiki Pencernaan

Manfaat jalan kaki selanjutnya, yaitu mengurangi resiko mengidap kanker usus di masa tua. Kamu bisa melakukan aktivitas ini selama 30 menit per hari. Selain itu, rutin berjalan kaki juga dapat memperbaiki dan melancarkan sistem pencernaan tubuh.  

Selain itu, risiko kanker usus yang terjadi karena tertahannya tinja dalam sistem pencernaan juga akan semakin rendah. Ketika kamu berjalan kaki, tentunya badan akan ikut bergerak dan melancarkan sistem peristaltik usus. Sehingga pencernaan semakin baik dan buang air besar jadi lebih teratur.  

Bahkan, studi lain juga mengatakan bahwa berjalan kaki secara rutin selama 1 jam per hari terbukti ampuh untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara pada wanita.

7. Mencegah Osteoporosis

Manfaat terakhir adalah mencegah osteoporosis di masa tua. Osteoporosis merupakan penyakit radang sendi yang disebabkan menurunnya massa tulang dan fungsi sendi. Bahkan penyakit ini bisa saja menyerang seseorang di usia muda.

Faktornya adalah kurangnya olahraga dan aktivitas kerja yang menuntut seseorang untuk duduk berlama-lama tanpa adanya gerakan motorik. Oleh karena itu, berjalan kaki secara rutin sangat wajib kamu lakukan terutama bagi para lansia yang massa tulang dan daya tahan sendinya sudah mulai renta.

Sudah Tahu Apa Saja Manfaat Jalan Kaki?

Nah, itu dia manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh. Berjalan kaki secara rutin tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga sangat baik untuk melepaskan hormon endorfin dan menghilangkan stres. Apakah kamu sudah rutin berjalan kaki?

 

Daftar Pustaka

Kesehatan Kontan. 16 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh, yang Jarang Diketahui.

E-jurnal Esaunggul. Manfaat Latihan Jalan Kaki bagi Peningkatan Kesehatan.

UM Surabaya. Pakar Kesehatan UM Surabaya: Ini Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan.

DJKN Kemenkeu. Jalan Kaki untuk Terjaganya Kesehatan Tubuh.

Halodoc. Manfaat Jalan Kaki yang dilakukan Setiap Hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat With Us

Profile Picture
Halo, aku ASHA asisten virtual kamu. Kalau ada pertanyaan, ASHA bisa bantu.
Profile Picture
Boleh tau nama kamu?
Icon
Halo, ada yang bisa Asha bantu?